Seberapa Penting Vitamin A untuk Kesehatan Mata?

Kekurangan vitamin tertentu pada tubuh, dapat meningkatkan banyak risiko pada kondisi mata. Di antaranya seperti katarak dan degenerasi makula (AMD). Degenerasi Makula alias Age-related Macular Degeneration sendiri merupakan gangguan penglihatan yang kerap terjadi seiring berjalannya usia. Penyakit ini biasanya menyerang seseorang yang sudah berusia di atas 50 tahun.

Penelitian menyebutkan, bahwa beberapa makanan dengan kandungan vitamin dan mineral tertentu dapat membantu melindungi atau memperlambat perkembangan kondisi tersebut, terutama kandungan vitamin A.

Vitamin A memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dipercaya dapat membantu mengatasi glaukoma, dan cukup baik untuk mencegah tekanan oksidatif yang dapat menjadi pemicu perkembangan glaukoma. Karoten yang terkandung di dalam vitamin A juga dipercaya mampu membantu melawan katarak.

Jenis-jenis Vitamin A

Vitamin A terdiri dari dua jenis, yakni; yang berasal dari produk hewani (retinoid) dan yang berasal dari buah dan sayuran. Mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan vitamin A tinggi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dikarenakan makanan dengan kandungan vitamin A yang berasal dari sumber hewani, tidak larut dalam air sehingga membuatnya tidak mudah dikeluarkan dari tubuh.

Kebutuhan vitamin A pada setiap orang pun berbeda-beda, tergantung dari faktor tubuh masing-masing dan juga faktor usia.

Berikut jumlah kebutuhan vitamin A yang dianjurkan:

  • Balita: 400 IU
  • Anak usia 4–9 tahun: 450–500 IU
  • Remaja dan orang dewasa: 600–650 IU
  • Ibu hamil dan menyusui: 900–950 IU

Baca juga: Kenali Vitamin dan Bahan Alami Ini, Biar Badan Gak Gampang Lemes

Rekomendasi Makanan Tinggi Vitamin A

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A tersebut di atas, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai sumber makanan, baik hewani maupun nabati. Berikut beberapa rekomendasi sumber makanan yang mengandung vitamin A tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata;

1.   Wortel

Wortel adalah sayuran yang renyah serta memiliki gizi yang tinggi. Semua tentu tahu bahwa wortel termasuk salah satu makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan mata.

Kandungan karotenoid pada wortel dapat membantu menjaga penglihatan mata agar tetap tajam. Dalam 100 gram wortel, mengandung 459 mcg vitamin A. selain itu, betakaroten dan lutein yang terkandung dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas pada tubuh.

2.   Bayam

Vitamin A yang berasal dari sumber nabati ini umumnya dikenal sebagai golongan karotenoid atau betakaroten.

Sayuran yang sangat mudah ditemukan ini selain terkenal dengan kandungan zat besinya, juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Menurut salah satu studi, satu setengah porsi bayam mengandung vitamin A yang mencapai 570 mcg.

Bayam bisa diolah menjadi menu makanan yang enak, sehat dan bernutrisi. Bayam sangat mudah diolah dan bisa dibuat dalam bentuk sayur maupun sebagai campuran smoothie untuk konsumsi di pagi hari.

3.   Kacang Polong Hitam

Kacang polong hitam termasuk salah satu makanan sehat yang mengandung vitamin A dan baik untuk mata. Dalam setiap 100 gramnya mengandung 66 mcg vitamin A.

Mengkonsumsi kacang polong hitam dan dijadikan menu olahan salad ataupun sup akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Baca juga: Gak Suka Susu Sapi? Cobain Jenis Susu Ini!

4.   Brokoli

Apa kamu pernah menyangka bahwa brokoli juga termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin A? Per 100 gram brokoli mengandung 60 mcg atau setara 623 IU yang dapat mencukupi kebutuhan angka kebutuhan gizi (AKG) harian.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa brokoli mengandung senyawa yang disebut sebagai I3C yang dipercaya mampu menjaga kesehatan mata dan membantu melakukan detox pada retina mata. Hal ini akan membuat mata tetap sehat dan penglihatan tetap tajam.

5.   Ikan Tuna

Vitamin A yang diperoleh dari produk hewani disebut retinoid. Salah satu yang masuk ke dalam golongan retinoid adalah ikan tuna, sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin A.

Dalam 100 gram ikan tuna, terkandung 757 mcg atau 60 IU. Selain diperkaya oleh vitamin A, dalam ikan tuna juga mengandung Omega 3 yang dapat membantu perkembangan otak serta mencegah penyakit alzheimer.

6.   Minyak Hati Ikan Kod

Minyak hati ikan kod termasuk menu makanan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Minyak hati ikan kod mampu menyediakan hingga 4.080 mcg atau 100.000 IU vitamin A yang juga bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Demikian adalah beberapa makanan vitamin A terbaik untuk kesehatan mata kita. Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan kesehatan mata dan membantu mengurangi keluhan penyakit mata, otak hingga jantung dengan mengkonsumsi Swisse Ultiboost Odourless High Strength Wild Fish Oil.

Swisse Ultiboost Odourless High Strength Wild Fish Oil adalah formula premium berkualitas, yang bersumber berkelanjutan dan mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA untuk mendukung kesehatan jantung, otak, mata dan sendi, serta membantu sistem saraf dan keseimbangan suasana hati yang sehat.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai konsumsi sayuran dan lengkapi dengan Swisse Ultiboost Odourless Wild Fish Oil agar mata tetap sehat!

(Kamu bisa langsung belanja di toko kami dengan klik logo diatas ^^)

Leave a Reply

Dapatkan Promo Hingga 75%

Banyak penawaran diskon dari berbagai program promo Made Good Market. Dapatkan informasi terupdate promonya disini.