Popcorn Jadi Camilan Sehat, Kok Bisa?

Apa kamu termasuk penyuka popcorn? Makanan ringan yang satu ini memang menjadi kesukaan banyak orang, terlebih jika dinikmati sambil menonton film favorit, rasanya nonton gak akan lengkap tanpa kehadiran camilan yang satu ini.

Akan tetapi, apakah makan popcorn dapat menyehatkan, atau justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh?

Popcorn sebenarnya merupakan makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral. Secara historis, terdapat bukti bahwa popcorn telah dinikmati selama lebih dari 6.000 tahun sejak jagung menjadi bagian penting dari banyak makanan pada zaman kuno.

 Popcorn dapat dinikmati di seluruh dunia, hampir di setiap tempat di mana jagung biasa dikonsumsi. Namun, makanan ini biasanya akan menjadi tidak menyehatkan ketika kita mulai menuangkan garam, mentega, bumbu atau topping lainnya ke dalam popcorn.

 

Tips Membuat Popcorn Sehat

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, untuk membuat popcorn sehat sebagai camilan, berikut tipsnya:

 

  1. Pilihlah produk yang organik. Biji jagung organik akan bebas dari pestisida, residu atau bahan beracun lainnya.
  2. Pakailah minyak yang sehat. Kalau kamu ingin membuat popcorn memakai minyak, gunakanlah minyak yang baik bagi kesehatan. Minyak kelapa bisa menjadi solusinya, sebab minyak ini baik bagi tubuh, selain itu minyak ini juga dapat menambah rasa dan aroma bagi popcorn yang kamu buat.
  3. Usahakan menggunakan mesin khusus pembuat popcorn yang bertenaga uap. Dengan alat ini, popcorn tidak akan mengandung terlalu banyak lemak, garam, maupun gula tambahan.
  4. Pakai topping yang sehat. Kamu tidak harus selalu menggunakan mentega sebagai pelengkap popcorn. Cobalah bereksperimen dengan topping lain seperti serbuk coklat, lada, atau bubuk kayu manis.
  5. Perhatikan porsi makan. Meskipun popcorn termasuk makanan yang rendah kalori, tapi kamu tetap harus menjaga porsinya. Biasakan untuk menakar popcorn terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, agar kamu dapat mengontrol porsinya.
  6. Tambahkan sayuran. Sayur dan popcorn? Mungkin kombinasi ini terdengar aneh, tetapi kamu dapat mencoba memanggang sayuran-sayuran hijau seperti bayam, daun kale, maupun sayuran hijau lainnya sampai garing. kemudian hancurkan sayur tersebut hingga bubuk, lalu taburkan di atas popcorn.

Baca juga: Manfaat Dark Chocolate dan Pentingnya Bagi Kesehatan

Manfaat Popcorn Bagi Kesehatan

Jika kamu mengkonsumsi popcorn dengan benar, maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaat popcorn sebagai camilan sehat yang sangat baik bagi tubuh. Berikut manfaatnya:

 

1. Membantu Pencernaan

Perlu diketahui bahwa popcorn adalah biji-bijian utuh, yang merupakan nama untuk biji-bijian yang mengandung endosperma, kuman, dan dedak. Hal ini mirip dengan biji-bijian sereal seperti nasi dan roti, yang juga mengandung tiga bagian penting tersebut.

Karena popcorn adalah gandum utuh alami, ia mengandung semua serat dari dedak. Belum lagi kandungan mineral, vitamin B kompleks, serta vitamin E yang juga terkandung di sana.

Dengan kandungan serat yang tinggi, dapat membuat pencernaan kamu teratur. Hal ini berarti intensitas buang air besar kamu akan bergerak dengan lancar dan cepat melalui saluran pencernaan, sehingga sembelit pun dapat dihindari. Serat akan merangsang peristaltik otot usus halus dan menginduksi sekresi cairan pencernaan, yang keduanya dapat membantu menjaga sistem pencernaan kamu agar tetap sehat.

2. Menurunkan Kolesterol

Serat akan berfungsi dengan cara lain, yang bermanfaat bagi tubuh. Biji-bijian, termasuk jagung yang menjadi bahan utama popcorn, mengandung jenis serat yang dapat menghilangkan kelebihan kolesterol pada dinding pembuluh darah dan arteri. Hal ini juga akan mengurangi ketegangan pada sistem jantung, karena jantung tidak harus bekerja keras untuk memindahkan darah melalui pembuluh dan arteri.

 

Baca juga: Kenali 7 Obat Alami Untuk Kolesterol

 

3. Mengontrol Gula Darah

Peran penting selanjutnya dari kandungan serat pada popcorn adalah dampaknya terhadap gula darah dalam tubuh. Ketika tubuh memiliki jumlah serat yang cukup, ia akan mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula darah dan insulin dengan lebih baik, dibandingkan dengan orang yang memiliki kadar serat yang rendah.

4. Mencegah Risiko Kanker

Meskipun popcorn sering dianggap sebagai makanan cepat saji yang relatif tidak sehat, namun kini telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kulit popcorn mengandung senyawa polifenol dengan jumlah besar. Senyawa ini ialah salah satu jenis antioksidan yang lebih kuat yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh. 

Antioksidan sendiri adalah zat pertahanan kuat yang mengais dan menghilangkan radikal bebas, dan juga merupakan produk sampingan dari metabolisme sel yang terkait dengan berbagai penyakit dalam tubuh, terutama penyakit kanker.

Ada juga nih, camilan popcorn sehat untuk anak-anak, yakni Abe Food Popcorn For Kids. Abe Food Popcorn for Kids sendiri merupakan satu-satunya dan yang pertama berinovasi memproduksi produk Popcorn sehat untuk anak-anak Indonesia. Popcorn ini tentunya terbuat dari biji jagung asli, pilihan, dan bermutu tinggi.

Kelebihan Abe Popcorn:

✅Tanpa pewarna

✅Tanpa pengawet

✅Tanpa MSG

✅Gluten free

✅Halal MUI

✅Menggunakan biji jagung organik yang sehat untuk anak-anak dan dapat juga dinikmati oleh semua kalangan.

(Kamu bisa langsung belanja di toko kami dengan klik logo diatas ^^

Leave a Reply