Kenali Vitamin dan Bahan Alami Ini, Biar Badan Gak Gampang Lemes!

Asupan bagi tubuh yang berfungsi menjaga agar tidak lemas ataupun lesu memang bisa diperoleh dari sumber-sumber yang alami. Namun dalam pemenuhannya, pengkonsumsi suplemen pun dapat menjadi pilihan apabila dibutuhkan. Produksi energi di dalam tubuh sejatinya memang dapat mengatasi kebutuhan tersebut, akan tetapi tubuh memerlukan bahan-bahan lain dari luar untuk diolah dan menghasilkan energi yang optimal.

         Pada perkembangan zaman yang serba cepat ini, diperlukan upaya yang luar biasa dari tubuh agar tetap bisa mengimbanginya. Karena dengan adanya tuntutan kesibukan yang harus dijalankan secara terus-menerus, akan memaksa tubuh untuk selalu prima dan berenergi. Biasanya, pemenuhan energi untuk mengatasi masalah letih, lemah maupun lesu dalam setiap aktivitas dilakukan dengan mengkonsumsi minuman berenergi yang mudah didapatkan di toko atau warung. Namun ternyata hal itu tidak memberikan bahan bakar yang baik bagi tubuh jika kamu memiliki gaya hidup sehat.

        Oleh karenanya, dibutuhkan sumber-sumber vitamin yang aman dan sehat agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan.

 Macam-Macam Vitamin-

Vitamin B

 

         Vitamin B secara keseluruhan memberikan manfaat yang baik untuk pembentukan energi dalam tubuh. Vitamin B akan memberikan tubuh bahan bakar yang cukup untuk menghasilkan energi dan mengatasi lemah serta lesu. Vitamin B juga memiliki banyak jenis. Berikut jenis-jenis vitamin B yang baik untuk menghasilkan energi dalam tubuh beserta sumber-sumber alaminya.

       Vitamin B1 ( Thiamin )

Thiamin adalah salah satu jenis vitamin B yang mampu membantu tubuh dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Sebagian besar sel tubuh kita umumnya lebih sering memakai karbohidrat sebagai bahan bakar energi utama. Namun, tubuh membutuhkan pasokan vitamin B1 atau Thiamin yang stabil untuk dapat mengubah makanan ini menjadi energi dengan optimal.

Adapun sumber makanan untuk mendapatkan vitamin B1 di antaranya adalah; Biji bunga matahari, kacang hitam, barley, kacang pinto, dan gandum.

       Vitamin B2 (Riboflavin)

Meskipun sebagian besar sel tubuh kita memproses energi dari karbohidrat, namun juga dapat menggunakan lemak dan protein. Vitamin B2 atau riboflavin ini membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi. Riboflavin sangat penting untuk produksi energi pada bagian tubuh seperti; jantung dan otot.

Sumber makanan yang baik untuk mendapatkan vitamin B2 ialah: olahan kedelai, bayam, yoghurt, asparagus,
kalkun, almond, dan telur.

       Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin ini dibutuhkan untuk pengembangan blok bangunan protein dan DNA. Vitamin  B6 atau Pyridoxine merupakan vitamin penting yang dibutuhkan untuk metabolisme yang menghasilkan energi normal, karena terlibat dalam pemecahan simpanan glikogen menjadi sebuah energi.

Sumber makanan untuk mendapatkan vitamin B6 ialah: Ikan, sayuran, daging, pisang, oat, serta kacang-kacangan.

Vitamin D

Tubuh membutuhkan beberapa nutrisi agar kesehatan tulang, jantung, otak, dan otot, tetap terjaga dengan baik. Salah satu nutrisi tersebut adalah vitamin D. Vitamin D terbentuk secara alami ketika kulit kita terkena paparan sinar matahari secara langsung. Vitamin D ini pun dapat membantu menyeimbangkan hormon tiroid pada tubuh. Vitamin ini mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga tulang tetap kuat dan membantu energi agar tetap terjaga.

Sumber makanan untuk mendapatkan vitamin D selain melalui sinar matahari ialah: Ikan berminyak, kuning telur, jamur, hati.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan pembangkit tenaga listrik yang sangat penting bagi tubuh. Perannya tidak hanya dalam mendukung sistem kekebalan dan kesehatan sel secara keseluruhan, tetapi juga merupakan juru kunci dalam produksi energi dalam tubuh.

Sumber makanan yang baik untuk mendapatkan vitamin C ialah: Buah jeruk, lemon, brokoli, cabai, paprika, blackcurrant, stroberi.

 

Sumber-Sumber Alami

Zat Besi

Pemenuhan zat besi terhadap tubuh adalah hal yang hendaknya dilakukan agar badan terhindar dari letih, lemas, dan lesu. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika tubuh kita kekurangan cadangan zat besi, maka akan menimbulkan badan mudah kelelahan.

Sumber makanan terbaik untuk mendapatkan zat besi adalah; daging merah, kacang polong, bayam, hati.

Magnesium

Magnesium bertanggung jawab untuk fungsi otot dan saraf, serta membantu tubuh dalam mengubah zat-zat makanan menjadi energi. Mendapatkan asupan magnesium yang tepat sangat penting untuk kesehatan fungsi tubuh.

Sumber makanan terbaik untuk mendapatkan magnesium adalah; biji-bijian, sayuran berdaun gelap, kacang, daging, ikan.

Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan jenis asam lemak yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh sebagai metabolisme. Namun sayangnya, asam lemak ini tidak diproduksi oleh tubuh sehingga kita perlu mendapatkannya dari makanan. Sumber omega 3 yang paling umum ialah pada ikan salmon, tiram, tuna, kedelai, kelompok ikan makarel, kacang kenari.

 

Penutup

Untuk mengatasi permasalahan badan lemas, lesu serta kelelahan, kamu dapat memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh dengan mengkonsumsi bermacam jenis vitamin di atas. Namun jika sumber vitamin tersebut terasa masih kurang, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk konsumsi suplemen vitamin yang tersedia di etalase MadeGood. Di antaranya;

 1. Blackmores Bio C 1000 MG

2. Swisse Ultiboost Vitamin D 1000IU

3. Blackmores Vitamin D 1000IU

4. Now Food C-1000

5. Swisse Ultiboost Vitamin C + Manuka Honey & Vitamin Chewable

6. Now Food D3

7. Sido Muncul

(Jika kamu tertarik untuk cobain salah satu dari 7 produk Vitamin tersebut, kalian bisa langsung kunjungi toko kami dengan klik logo diatas ^^)

Leave a Reply

Dapatkan Promo Hingga 75%

Banyak penawaran diskon dari berbagai program promo Made Good Market. Dapatkan informasi terupdate promonya disini.