Kenali Manfaat Minyak Ikan yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Seperti namanya, minyak ikan memang berasal dari ikan. Namun bukan sembarang ikan, melainkan diperoleh dari ikan berlemak atau berminyak, di antaranya seperti ikan tuna, sarden, herring, salmon, dan mackerel. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3, yakni asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain omega 3, di dalam minyak ikan juga terkandung vitamin A dan D.

Minyak ikan dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Terdapat dua jenis asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yakni docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi minyak ikan, kini semakin banyak pula orang yang mengkonsumsi minyak ikan secara rutin. Jika kamu penasaran tentang apa saja manfaat dari minyak ikan, berikut ulasan lengkapnya:

 

  1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Banyak studi dan penelitian yang menyatakan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak ikan, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya. Oleh karenanya, untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa mengkonsumsi minyak ikan secara rutin dan teratur.

Seperti yang telah diketahui, minyak ikan merupakan sumber alami omega 3 yang bahannya merupakan ikan-ikan laut dalam. Biasanya didapatkan melalui jaringan tubuh ikan dan terkadang diproduksi di bagian hati ikan. Mengkonsumsi minyak ikan pun sejak lama dipercaya dapat mencegah serangan jantung. Hal ini dikarenakan minyak ikan dapat mengurangi aritmia fatal, yakni irama jantung yang abnormal sehingga dapat menyebabkan serangan jantung bagi penderitanya.

 

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang kekurangan senyawa omega 3 memiliki risiko lebih besar terkena penyakit mata. Terlebih lagi kesehatan mata akan cenderung menurun seiring bertambahnya usia dan dapat menyebabkan degenerasi makula (AMD).

Selain itu, asam lemak omega-3 juga merupakan komponen yang sangat penting untuk kesehatan retina karena ia dapat memperbarui sel-sel pada retina secara alami.

 

  1. Mengoptimalkan Kesehatan Ibu Hamil

Seperti yang sudah disinggung di atas, pada minyak ikan terkandung docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang dapat mengurangi risiko preeklampsia, risiko persalinan prematur, dan meningkatkan berat badan bayi. Selain itu, dalam minyak ikan juga terdapat omega 3 yang merupakan senyawa penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan awal janin. 

Bagi ibu hamil yang rutin mengkonsumsi minyak ikan, dapat membantu mengurangi risiko alergi dan meningkatkan perkembangan visual bayi. Manfaat minyak ikan lainnya adalah dapat meningkatkan koordinasi tangan dan juga mata pada bayi, sehingga ibu menyusui juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan.

 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang manusia akan mulai kehilangan mineral esensial dan menyebabkan kerapuhan. Apabila tidak segera ditangani, bisa menyebabkan penyakit osteoporosis dan osteoarthritis.

Selain dengan mengkonsumsi vitamin D dan makanan yang kaya akan kalsium, kamu juga bisa mengkonsumsi minyak ikan. Pasalnya, Minyak ikan pun kaya akan vitamin D yang tentunya baik untuk memperkuat tulang, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, kandungan omega-3 dalam minyak ikan juga sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang.

Baca juga: Berapa Jumlah Kolesterol Normal yang Disarankan Ahli?

 

  1. Mengobati Gangguan Mental Tertentu

Perlu diketahui bahwa otak manusia terdiri dari 60% lemak dan sebagian besar lemak tersebut adalah asam lemak omega 3. Oleh karenanya, asupan omega 3 sangatlah penting agar otak kita dapat berfungsi optimal.

Beberapa studi menyatakan bahwa orang yang memiliki gangguan mental tertentu memiliki kadar omega 3 yang lebih rendah. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala pada gangguan mental. Seperti mengurangi kemungkinan gangguan psikotik, atau mengurangi beberapa gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

 

  1. Mengatasi Peradangan

Peradangan merupakan salah satu cara sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi serta mengobati cedera. Namun, peradangan yang kronis bisa menyebabkan penyakit serius, seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung.

Untuk mengobati kondisi tubuh yang disebabkan oleh peradangan kronis, kamu bisa mengkonsumsi minyak ikan. Pasalnya, minyak ikan memiliki sifat anti inflamasi dan dapat mengurangi peradangan.

Asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA dari minyak ikan pun dipercaya dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Serta dapat mengurangi gejala nyeri dan bengkak yang muncul akibat arthritis.

  1.  Mengurangi Lemak pada Hati

Hati manusia memproses sebagian besar lemak dalam tubuh dan dapat berperan dalam penambahan berat badan. Penyakit hati pun kini semakin umum ditemukan, terutama penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), di mana lemak banyak menumpuk pada hati.

Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin dapat meningkatkan fungsi hati dan peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala NAFLD dan jumlah lemak di hati.

Itulah ulasan menarik tentang bermacam manfaat minyak ikan yang penting bagi kesehatan. Kamu bisa mulai mengkonsumsi minyak ikan secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi bagi kamu yang tidak menyukai hidangan yang berbahan utama ikan, maka kamu bisa menggantinya dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan seperti yang telah tersedia di Made Good. Berikut pilihannya:

1. Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil 100 Kapsul BPOM 100% Asli
 

2. Now Foods Ultra Omega 3 500 EPA/250 DHA

3. Swisse Ultiboost Odourless High Strength Fish Oil 1500mg Minyak Ikan

(Kamu bisa langsung belanja di toko kami dengan klik logo diatas ^^)

Leave a Reply