Kenali 7 Obat Alami untuk Kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan berasal dari makanan hewani. Kolesterol berfungsi membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Dalam kadar yang sesuai, kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal.

Selain itu, kolesterol juga dibutuhkan sebagai proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka hal tersebut berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi.

Agar kolesterol tinggi tidak menjadi komplikasi yang lebih serius, kamu perlu mengobatinya segera. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol yang alami.

Selain mengkonsumsi suplemen penurun kolesterol dan obat-obatan, kamu juga bisa menggunakan obat kolesterol alami untuk menurunkan kolesterol. Berikut macam-macam obat alami yang dapat kamu konsumsi sebagai penurun kolesterol tinggi:

1.  Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menurunkan kolesterol. Penelitian menyebutkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, bahkan juga dapat menurunkan total kadar kolesterol darah secara menyeluruh.

Untuk memastikan keamanan bawang putih sebagai obat kolesterol, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab jika kadarnya berlebihan, hal itu tentunya akan menjadi masalah lain bagi kesehatan tubuh kamu.

2.  Jahe

Jahe juga merupakan salah satu obat kolesterol alami yang paling ampuh. Salah satu tanaman herbal ini dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu dalam pengobatan kanker.

Hal ini didukung melalui penelitian yang dimuat dalam Saudi Medical Journal yang melakukan uji coba penggunaan 3 gram bubuk jahe kepada 85 individu selama 45 hari dalam menurunkan kolesterol. Hasilnya, penggunaan jahe sebagai obat herbal terbukti menurunkan kadar kolesterol secara menyeluruh pada sebagian besar individu yang melakukan uji coba tersebut.

Baca juga: Mengenal Diet Keto dan Manfaatnya Bagi Tubuh

3.  Alpukat

Dilansir dari Journal of the American Heart Association, mengkonsumsi alpukat 1 kali sehari dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol LDL pada seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan beta-sitosterol atau sejenis lemak nabati pada alpukat, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

4.  Kedelai

Kedelai juga merupakan salah satu obat kolesterol alami yang paling ampuh. Banyak penelitian menemukan bahwa kedelai bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 12%. Selain itu, Food and Drug Administration (FDA) juga telah merekomendasikan untuk mengkonsumsi 25 gram kedelai untuk menurunkan kolesterol tinggi di dalam darah.

5.  Teh hijau

Obat kolesterol alami lainnya adalah teh hijau. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari selama dua minggu akan menurunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dL dan kolesterol LDL sekitar 2 mg/dL. Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

6.  Apel

Jika kamu sering mengupas kulit apel saat memakannya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Dikutip dari Harvard Health Publishing, kulit apel mengandung pektin, yaitu sejenis serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Pektin ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan yang akan dikeluarkan melalui urine atau feses.

7.  Flaxseed

Flaxseed atau biji rami merupakan tanaman biji-bijian yang berasal dari Timur Tengah. Flaxseed mungkin belum banyak dikenal di Indonesia, namun tanaman yang tergolong biji-bijian ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Penggunaan flaxseed sebagai obat kolesterol alami dipercaya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah. Hal ini dikarenakan flaxseed kaya akan kandungan serat larut, yakni salah satu nutrisi yang bisa membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Berikut produk-produk cemilan dan susu  terbuat dari kedelai yang bisa kamu konsumsi:

  1. Milk Lab Soy

2. SoyJoy

3. Abe Food Tempy Keripik

4. Lemonilo Chimi Keripik Tempe

5. Australia’s Own Soy

Untuk kamu yang suka nyemil tapi ada kolestrol, kalian bisa konsumsi cemilan diatas ^^


(Kamu bisa langsung belanja di toko kami dengan klik logo diatas ^^)

Leave a Reply

Dapatkan Promo Hingga 75%

Banyak penawaran diskon dari berbagai program promo Made Good Market. Dapatkan informasi terupdate promonya disini.