Bahaya Kolesterol Tinggi: Berapa Jumlah Kolesterol Normal yang Disarankan oleh Ahli?

Kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Kolesterol tinggi berarti keadaan di mana terlalu banyak lemak yang terdapat dalam darah. Jika dibiarkan, lemak dapat mengendap pada pembuluh darah dan menghambat aliran darah. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya sejumlah penyakit, termasuk hipertensi, stroke dan penyakit jantung.

Jika dibiarkan, kolesterol tinggi dapat membuat pembuluh darah menyempit dan mengeras. Kondisi inilah yang akan membuat tubuh kamu rentan mengalami berbagai penyakit tersebut. Agar terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi, kamu perlu menjaga kadar kolesterol tetap normal. Salah satu caranya adalah menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan-makanan penurun kolesterol.

 

Namun setiap orang pastinya memiliki tingkat kolesterol yang berbeda-beda, tergantung pada apa saja yang dikonsumsi.

Lalu, apa kamu sudah tahu berapa kadar untuk kolesterol normal? Kemudian, makanan apa saja yang bisa menurunkan kolesterol? Yuk simak penjelasan berikut!

 

Jumlah Kolesterol Normal

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, kamu perlu mengetahui kadar kolesterol normal sebagai berikut:

1.   Kolesterol baik (HDL)

Kolesterol baik (HDL) berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Oleh karenanya, semakin tinggi tingkat HDL, maka akan semakin baik untuk kesehatan. Tingkat HDL yang disarankan minimal 60 mg/dL atau lebih  dan dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, jika tingkat HDL kurang dari 40 mg/dL, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

2.   Kolesterol Jahat (LDL)

Sesuai dengan namanya, jenis kolesterol ini akan berbahaya bagi kesehatan jika kadarnya berlebihan. Oleh karenanya, pastikan jumlah LDL di tubuh kamu sebanyak 100-129 mg/dL. Jika melebihi jumlah tersebut, maka LDL dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, ateroma, dan stroke. Jika jumlah LDL mencapai 130-159 mg/dL, maka bisa dikatakan memasuki ambang batas tinggi. Sedangkan jika jumlahnya 160-189 mg/dL, sudah memasuki level tinggi.

 

3.   Trigliserida

Seperti halnya LDL, jenis lemak Trigliserida ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, semakin rendah kadar trigliserida, maka akan semakin baik untuk kesehatan  tubuh. Jumlah kadar trigliserida 150-199 mg/dL bisa dikatakan berada pada ambang batas tinggi. Sedangkan jumlah 200 mg/dL atau lebih termasuk tingkat trigliserida tinggi.

Baca juga: Manfaat Dark Chocolate dan Pentingnya Bagi Tubuh

 

4.   Kolesterol Total

Kolesterol total adalah gabungan dari HDL, LDL, dan trigliserida dalam setiap desiliter darah. Dengan melihat kadar kolesterol total dan HDL, maka bisa menggambarkan kondisi umum kadar kolesterolmu. Jika kolesterol total berjumlah 200 mg/dL atau lebih, atau HDL kurang dari 40 mg/dL, maka kamu perlu melakukan pemeriksaan kolesterol lengkap yang mencakup LDL dan trigliserida. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dl sudah masuk pada ambang batas tinggi, sedangkan jumlah 240 mg/dL atau lebih termasuk tingkat kolesterol tinggi.

 

Makanan Alami Penurun Kolesterol

Agar kadar kolesterol normal, sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak trans dan konsumsi jenis makanan alami penurun kolesterol. Beberapa pilihan makanannya sebagai berikut:

 

1.   Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga bisa mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah. Beberapa sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi, antara lain bayam dan kangkung.

2.   Kacang-kacangan

Makanan alami penurun kolesterol berikutnya adalah kacang-kacangan. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung fitosterol yang bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah.

Baca juga: Mengatur Pola Makan Diet Sehat

3.   Ikan Salmon

Selain memiliki kandungan kolesterol yang rendah, ikan salmon juga mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 sendiri bermanfaat untuk mengurangi kadar trigliserida dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Agar lebih sehat, sebaiknya hindari mengkonsumsi ikan salmon dengan cara digoreng. Kamu bisa mengolah ikan salmon dengan cara dikukus, dibakar ataupun dijadikan ikan asap.

4.   Oat

Oat terbuat dari gandum yang mengandung beta glucan. Beta glucan berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, beta glucan dalam oat juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi.


            Selain jenis-jenis makanan alami yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan sehat yang ada di Made Good lho sebagai pembantu dalam menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah produk dari Chia-Yo yang terbuat dari Oat. Selain aman dan sehat untuk dikonsumsi, juga baik untuk kesehatan karena kandungan di dalamnya sangat aman untuk dijadikan sebagai bahan camilan.

(Kamu bisa langsung belanja di toko kami dengan klik logo diatas ^^)

Leave a Reply

Dapatkan Promo Hingga 75%

Banyak penawaran diskon dari berbagai program promo Made Good Market. Dapatkan informasi terupdate promonya disini.